>

PRIVACY POLICY


“Privasi Anda di Funshop sangat penting. Kami harap Anda meluangkan waktu untuk membaca & membiasakan diri dengan kebijakan kami” Kami menyadari pentingnya memelihara reputasi yang baik serta dibutuhkan tanggung jawab dan profesionalisme tinggi dari setiap pengguna aplikasi yang terlibat, berlandaskan pada kepercayaan dan kejujuran. Tujuan peraturan ini dibuat agar setiap pengguna selalu bertindak dengan etis, konsisten dan penuh integritas sesuai dengan prinsip perusahaan dalam membangun kepercayaan dari masyarakat. Dengan demikian peraturan Funshop ini wajib dipatuhi oleh setiap pengguna dalam menjalankan profesinya.

BAB I
KETENTUAN UMUM
1. FUNSHOP adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa penjualan dimana sistem pemasarannya dikembangkan melalui kerjasama pengguna usaha (Direct Selling/penjualan langsung) dengan konsep Jejaring.
2. PRODUK adalah semua barang/jasa baik tampak (tangible) atau tidak tampak (intangible) yang dipasarkan oleh Perusahaan, dalam hal ini berupa “Lisensi” penggunaan Aplikasi/Software/Perangkat Lunak/Teknologi bernama “Funshop” yang dapat digunakan pada semua jenis Smartphone khususnya Android.
3. JARINGAN adalah pengembangan usaha melalui penyediaan, pemasaran dan mengkampanyekan serta penguasaan pasar yang dilakukan Leader dan pengguna secara bersama-sama oleh para pihak yang tergabung dalam bentuk komunitas.
4. PENGGUNA adalah setiap orang atau badan hukum lainnya, yang telah bersedia dan sepakat, serta telah mengikatkan dirinya secara sadar tanpa paksaan dari pihak manapun untuk mendaftarkan diri menjadi pengguna usaha baik sebagai Pengguna maupun Pebisnis dari FUNSHOP. Pengguna Pengguna maupun Pengguna Pebisnis adalah merupakan bagian dari pengguna usaha perusahaan yang tidak memiliki hubungan industrial(hubungan tenaga kerja) sebagaimana diatur dalam Undang-undang Tenaga Kerja yang berlaku di negara Republik Indonesia, serta bukan pula merupakan bagian dari struktur organisasi perusahaan. 5. PENGGUNA hanya memiliki hak pakai atau mengambil manfaat dari penggunaan Produk FUNSHOP saja.
6. Pengguna Aktif adalah yang secara resmi masih dan atau telah terdaftar di perusahaan FUNSHOP serta dalam waktu 1 (satu) bulan melakukan minimal sekali (satu kali) transaksi pribadi (pembelian/pembayaran).
7. CASHBACK adalah nilai yang diberikan kepada pengguna baik atas dasar pembelian pribadi atau penjualan produk baik secara sendiri-sendiri maupun secara kelompok/komunitas.
8. REWARD merupakan hadiah yang diberikan kepada setiap pengguna usaha yang berhasil memenuhi target omzet penjualan yang ditentukan perusahaan.

BAB II
Persyaratan dan Pendaftaran Menjadi Pengguna

Pasal 1
1. Yang dapat menjadi pengguna adalah subjek hukum orang/perseorangan, atau badan hukum perseroan, perkumpulan, atau badan usaha lainnya, diatur sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Untuk menjadi pengguna tidak harus melalui Perantara tetapi diutamakan melalui perantara.
3. Untuk menjadi pengguna, pendaftar wajib mengisi dan melengkapi formulir yang disediakan oleh FUNSHOP baik secara online (aplikasi/website resmi perusahaan) maupun offline. Formulir harus diisi dan dijawab dengan lengkap, jujur dan telah memahami dengan jelas tentang “Peraturan FUNSHOP”, lalu ditandatangani/disetujui oleh pendaftar (tidak dapat diwakilkan).
4. Pendaftar (calon pengguna) yang telah mengisi, menyetujui/menandatangani formulir baik secara online maupun offline, dianggap telah mengerti, serta sepakat untuk mematuhi peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan yang ada, dan dengan demikian itu pula, bahwa segala kesepakatan dimaksud sudah memenuhi ketentuan hukum sebagaimana disebutkan dalam pasal 1313 dan pasal 1320 KUH Perdata. Peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan dimaksud dalam hal ini tidak terbatas dalam privacy policy ini, namun mengikat pada peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan lain yang telah dikeluarkan oleh FUNSHOP. Pendaftar (calon funbizzer) dianggap sah sebagai pengguna usaha apabila telah mendapat jawaban baik secara tertulis maupun email ataupun pemberitahuan melalui media lain dari FUNSHOP

Pasal 2
1. Setiap Pendaftar harus sudah memahami penggunaan Teknologi Gadget/Smartphone/Handphone. Setiap pendaftar dikenakan biaya pendaftaran dan berhak mendapatkan 1 (satu) set Aplikasi funbizz yang terdiri dari 8 cabang aplikasi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.
2. Nama pengguna harus sesuai dengan nama yang tercantum di Bank.
3. Apabila nama pengguna berbeda dengan nama yang tercantum di Bank, maka pengguna tersebut wajib menyertakan surat pernyataan bermaterai cukup dengan lampiran fotocopy identitas yang bisa terbaca jelas dari keduabelah pihak.
4. Apabila data tidak lengkap atau tidak sesuai, maka perusahaan berhak untuk menunda refund Cashback .
5. Dilarang dengan alasan apapun membuka kepenggunaan baru dengan nama dan Identitas yang sama, apabila terbukti adanya pelanggaran tersebut perusahaan berhak membekukan kepenggunaan termasuk menunda pembayaran komisi/cashback hingga dilakukan penyelesaian sesuai peraturan yang berlaku.

BAB III
Harga Produk, Tempat Penjualan dan Larangan
1. Harga jual Produk ditentukan oleh Perusahaan, dan pembelian Produk dari Perusahaan atau tempat-tempat yang ditunjuk oleh Perusahaan, harus dengan pembayaran secara tunai/transfer atau sesuai ketentuan perusahaan disertai dengan bukti yang sesuai.
2. Pengguna tidak boleh menjual Produk dengan harga yang lebih rendah atau lebih tinggi dari harga yang telah ditentukan oleh Perusahaan.
3. Pengguna tidak boleh menjual/memajang Produk yang berkaitan dengan Produk dari perusahaan lainnya, baik produk yang sama dan atau yang berbeda, tanpa persetujuan tertulis dari FUNSHOP.

BAB IV
Sesuai dengan peraturan yang berlaku terkait dengan Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung/Berjenjang maka Perusahaan menerapkan:

Pasal 1
Cooling off period
Perusahaan penggunaikan tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal registrasi/pendaftaran sebagai masa tenang (cooling off period) kepada pengguna baru untuk memutuskan apakah pengguna baru tersebut akan terus menjadi pengguna perusahaan atau membatalkan kepenggunaannya dengan mengembalikan apa yang sudah diterimanya secara utuh dan masih dalam keadaan layak jual serta mampu menunjukkan bukti pembelian (bukti transfer) asli untuk memperoleh kembali uang pembayarannya.

Pasal 2
Jaminan mutu
Perusahaan akan melakukan penggantian produk tanpa memotong biaya tertentu atau mengembalikan sesuai harga yang telah ditentukan apabila diketahui ada cacat produk yang bukan karena disengaja atau karena salah pemakaian atau karena telah melewati batas waktu pembelian (6 bulan).

Pasal 3
Buy Back Guarantee
Dalam hal terjadi berakhirnya kepenggunaan dengan perusahaan baik karena pengunduran diri maupun karena diberhentikan oleh perusahaan, maka perusahaan akan membeli kembali sisa produk yang dibeli selama 6 (enam) bulan terakhir, belum kadaluarsa, belum dibuka, dalam kondisi layak jual dan tetap dalam kemasan utuh serta dilampirkan bukti pembelian (bukti transfer) asli. Pengembalian uang dengan harga pembelian awal dikurangi biaya administrasi 10 (sepuluh) persen dan dikurangi juga Cashback/Reward yang telah dibayarkan perusahaan terkait pembelian produk yang dikembalikan tersebut dalam waktu 30 (tigapuluh) hari setelah produk diterima dan diverifikasi oleh perusahaan.

BAB V
Komunitas Funbizzer
Komunitas Funbizzer terdiri dari pengguna-pengguna usaha yang masih resmi terdaftar di Funshop yang berkomitmen untuk saling berbagi dan menjaga nama baik perusahaan serta menyebarkan perilaku santun serta sikap saling menghargai satu dengan yang lain sesuai dengan Peraturan dan Hukum yang berlaku.
BAB VI
Peralihan Hak Kepenggunaan
Terdapat peralihan hak kepenggunaan pada diri Pengguna yang diakibatkan oleh kehendak Pengguna sendiri atau karena Pengguna meninggal dunia, atau oleh karena peraturan perundang-undangan, seperti; perwarisan (waris-mewaris), hibah, wasiat, dan lain sebagainya, maka hak dan kewajiban Pengguna selanjutnya akan mengikuti Privacy Policy ini.

BAB VII
Pengunduran Diri
1. Seorang Pengguna dapat mengajukan pengunduran diri sebagai pengguna di Funshop. Pengajuan pengunduran diri harus diketahui Leader/Referal/Sponsornya, dan Perusahaan berhak menentukan apakah pengunduran diri ini diterima atau ditolak.
2. Seorang Pengguna yang telah diberhentikan kepenggunaannya atau mengundurkan diri dapat menjalin kepenggunaan kembali bersama pengguna yang lain minimal 1 (satu) bulan setelah proses pemberhentian/pengunduran dari kepenggunaannya diterima atau disetujui oleh perusahaan.

BAB VIII
Putusnya Hubungan Kepenggunaan
Seorang Pengguna dapat dihentikan kepenggunaannya oleh Perusahaan apabila melanggar Peraturan atau terbukti melakukan tindakan yang merugikan perusahaan baik secara moril maupun materiil

BAB IX
Kedudukan Pengguna
1. Kedudukan Pengguna adalah berdiri sendiri, tidak mempunyai ikatan kerja dengan perusahaan sebagaimana diterangkan pada ayat 5 (lima) Bab I (satu) tentang Ketentuan Umum diatas, sehingga setiap Pengguna tidak dapat dan tidak diijinkan menyatakan bahwa Pengguna tersebut adalah pegawai/staff atau wakil atau bertindak untuk dan atas nama Perusahaan.
2. Semua produk-produk Perusahaan telah didaftarkan di instansi yang berwenang pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (selanjutnya disebut “Dirjen HKI”) yang antara lain : Merek, Cipta, Seni Logo (Metoda-metoda Presentasi), Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, maka dengan demikian itu pula, atas hak eksklusif yang melekat dan dimiliki oleh FUNSHOP menyatakan dengan tegas kepada seluruh PENGGUNA AKTIF, atau pihak pihak lainnya bahwa “dilarang keras menggunakan nama, logo, lambang-lambang, alamat, potret, gambar-gambar figur FUNSHOP, hasil ciptaan, metoda-metoda presentasi, rekaman suara atau rekaman bunyi, atau hal-hal lainnya yang diatur berdasarkan undang-undang tentang Hak Intelektual dan peraturan-peraturan perundang-undangan lainnya”.
3. Setiap pelanggaran terhadap Hak Eksklusif yang dimiliki FUNSHOP sebagaimana dimaksud pada ayat 2 (dua) pasal ini, akan dilakukan proses hukum baik pidana maupun perdata, guna kepentingan hukum FUNSHOP .

BAB X
Kode Etik Pengguna
Dalam hal menjalankan usaha perdagangan, FUNSHOP mengatur perilaku Pengguna Aktif dengan pihak-pihak yang ber-afiliasi dengannya.
Oleh karena itu, FUNSHOP menetapkan Kode Etik Pengguna guna mengatur perilaku Pengguna didalam menjalankan fungsinya.
Adapun hal-hal yang diatur dalam kode etik Pengguna adalah sebagai berikut, bahwa :
1. Pengguna Funshop wajib bertanggung jawab penuh atas berbagai aktifitasnya sesuai kode etik serta syarat dan ketentuan perusahaan
2. Pengguna tidak diperbolehkan melakukan tindakan penggunaan nama perusahaan untuk kepentingan yang merugikan pihak lain atau merugikan Perusahaan.
3. Fasilitas Tools yang diberikan perusahaan wajib di jaga dengan baik oleh setiap Pengguna, segala bentuk upaya yang berakibat kerugian pihak perusahaan akan dikenakan sanksi tertentu berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
4. Pengguna tidak diperbolehkan melakukan praktek penjualan yang menyesatkan, mengecoh atau tidak pantas.
5. Pengguna tidak boleh memasang iklan atau sejenisnya untuk mencari/ memperoleh calon-calon Pengguna baru dengan cara yang menyesatkan, mengecoh atau tidak pantas.
6. Pengguna tidak dibenarkan menyatakan bahwa dia ataupun orang lain mempunyai hak monopoli penjualan atas suatu daerah/wilayah tertentu.
7. Pengguna tidak boleh memasang spanduk, papan nama, atau sejenisnya dengan memakai nama, logo, lambang atau hal-hal lain yang berhubungan dengan Perusahaan, di kantor, rumah, toko, atau tempat-tempat lain yang serupa, kecuali di tempat-tempat yang telah mendapatkan persetujuan tertulis dari perusahaan.
8. Setiap Pengguna berhak mendapatkan Pengguna baru untuk pengembangan grupnya, dan disarankan untuk tetap mencari Pengguna baru untuk pengembangan grupnya.
9. Pengguna berusaha sebaik-baiknya dalam menjelaskan sistem dan memasarkan Produk FUNSHOP .
10. Pengguna adalah pihak yang berdiri sendiri, bertanggung jawab penuh atas seluruh kegiatan usahanya dan merupakan pengguna kerja Perusahaan.
11. Pengguna tidak mempunyai jam kerja dengan Perusahaan dan tidak akan/berhak mendapat tunjangan dari Perusahaan dalam bentuk apapun juga.
12. Pengguna juga tidak bisa menuntut Perusahaan untuk penggunaikan tunjangan seperti termaksud di atas.
13. Pengguna hanya diperbolehkan membeli produk FUNSHOP di Kantor Pusat, dan Agency yang telah di tunjuk secara resmi oleh FUNSHOP.
14. Pengguna dilarang memiliki Kepenggunaan ganda, baik langsung mupun secara tidak langsung.

BAB XI
Larangan Kepenggunaan Ganda
1. Seorang Pengguna hanya boleh memiliki satu nomor kepenggunaan. Apabila seorang Pengguna memiliki lebih dari satu nomor kepenggunaan, baik dengan nama yang sama ataupun berbeda dengan identitas yang ada, maka yang dapat diakui adalah hanyalah kepenggunaannya terdahulu. Sedangkan yang baru akan segera di cabut (dibatalkan) tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Kecuali nomor kepenggunaan yang bersangkutan telah in-aktif, dan tidak melakukan aktifasi transaksi sama sekali dalam waktu 6 bulan.
2. Dalam hal seorang Pengguna yang aktif, kemudian melakukan pendaftaran kembali atas kepenggunaannya dengan menggunakan Referal/Perantara/Sponsor yang berbeda, baik atas kemauannya sendiri ataupun dipengaruhi oleh pihak lain dan tidak memenuhi etika Referal/Perantara/Sponsor, maka kepenggunaan yang baru tersebut secara otomatis akan dipindahkan kepada Samsarah/Referal/Perantara/Sponsor terdahulu.
3. Larangan Kepenggunaan Ganda ini berlaku sejak tanggal ditetapkan Kode Etik ini dan tidak berlaku surut. Apabila ada kepenggunaan ganda sebelum ketetapan ini diberlakukan maka akan dilakukan penertiban Kepenggunaan Ganda oleh manajemen FUNSHOP yang melibatkan Pengguna dan Leader yang bersangkutan.

BAB XII
Tujuan Kode Etik
TUJUAN Kode Etik Pengguna FUNSHOP sebagai berikut :
1. Sebagai pedoman dan panduan bagi para Pengguna dalam menjalankan hak dan kewajibannya.
2. Menegaskan hubungan antara FUNSHOP dengan para Pengguna.
3. Mengatur hubungan diantara para Pengguna.
4. Melindungi dan menjaga kepentingan FUNSHOP dan para Pengguna.
5. Mengatur hubungan antar Pengguna dengan Konsumen.

BAB XIII
Sanksi
1. Setiap Pengguna yang melanggar ketentuan Kode Etik Pengguna dan peraturan lain yang berlaku di Perusahaan akan dikenakan sanksi antara lain :
2. Cashback/Reward tidak akan diberikan, dan
3. Perusahaan berhak mencabut kepenggunaannya setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
4. Setiap Pengguna yang kepenggunaannya telah dicabut, diberlakukan ketentuan tidak akan mendapatkan kompensasi dalam bentuk apapun.
5. Dalam hal Pengguna/Para Pengguna melakukan pelanggaran Kode Etik dan peraturan lainnya yang merugikan Perusahaan, baik kerugian secara langsung maupun tidak langsung, maka perusahaan berhak sepenuhnya untuk penggunaikan sanksi berupa :
6. Melakukan peninjauan kembali atas segala persetujuan tertulis yang dikeluarkan oleh FUNSHOP terhadap Pengguna/Para Pengguna tanpa pemberitahuan lebih dulu.
7. Membatalkan atau tidak menampilkan foto, nama ataupun semua hal yang berhubungan dengan pengguna bersangkutan diseluruh media komunikasi perusahaan walaupun yang bersangkutan pernah atau bahkan dalam status Pengguna Utama/Leader tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
8. c. Pemutusan hubungan kepenggunaan antara FUNSHOP dengan Pengguna bersangkutan.
9. Atas segala keputusan yang ditetapkan oleh FUNSHOP sebagaimana disebutkan dalam ayat (1) dan (2) pasal ini, diambil berdasarkan masukan-masukan dari managemen dan pertimbangan proffesional baik dari Institusi terkait, kuasa hukum FUNSHOP, dan lain lain yang dianggap perlu.

BAB XIV
Penutup
1. Perusahaan memiliki/mempunyai hak mutlak untuk mengubah/ memperbaharui Kode Etik serta Syarat dan Ketentuan apabila dianggap perlu, tanpa perlu adanya persetujuan dari Pengguna dan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
2. Seluruh ketentuan-ketentuan sebagaimana termaksud dalam Kode Etik serta Syarat dan Ketentuan merupakan kesepakatan mutlak.
3. Kode Etik ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Pendaftaran “Pengguna” baik secara Offline maupun Online.

readmore